Maraknya dunia cetak digital kini tengah merambah ke berbagai aspek bisnis, khususnya mereka yang bergerak dalam dunia percetakan maupun copy center. Tidak dipungkiri pula hal ini juga merupakan perang bisnis bagi produsen-produsen mesin digital printing.

Bahasan kali ini lebih memfokuskan pada mesin-mesin color printing dengan kemampuan cetak pada media berukuran max: A3/A3+, media kertas art paper: fancy, ivory, sticker. Adapun beberapa mesin semacam ini memiliki kisaran harga yang juga tergolong masih di bawah 300 jutaan rupiah. Beberapa nama mesin yang lazim dikenal pada batasan ini antara lain: Docu Color,Develop,Aficio-Gestetner dan Konica-Minolta.Beberapa merek lain juga ditemukan di pasaran seperti Kodak dan Sharp.

Mesin-mesin di atas memiliki 3 (tiga) fitur pokok yang cenderung sama dengan mesin-mesin lain, baik pada kelas dibawah maupun kelas di atasnya, yakni: print, scan dan copy.Sementara itu perbedaannya secara umum terletak pada hasil, media cetak dan tentu saja harga jualnya ke pengguna.

Beberapa fakta unik yang penulis jumpai di lapangan juga bervariasi. Contohnya di salah satu kota besar di Jateng, terdapat copy center besar yang memiliki mesin ini tetapi tidak secara spesifik dikoneksikan dan difungsikan dengan komputer editing, sehingga mesin tersebut hanya cenderung menjalankan fungsi color copy saja. Sementara itu dalam hal memenuhi kepuasan pelanggan, hasil cetak masih banyak yang bergeser (secara kasad mata) dari dokumen aslinya yang tampak pada monitor komputer, misalnya saja warnanya jadi lebih muda atau lebih tua dari yang terlihat di layar monitor komputer.

Perlu diingat,bahwa beberapa mesin di atas juga memiliki fitur scan, yang dalam hal ini juga masih sangat jarang digunakan oleh para penggunanya. Namun hal ini masih sangat lumrah ketika para penggunanya juga pelaku bisnis yang memang hanya fokuspada printing.

Mesin-mesin di atas memang memiliki kemampuan yang handal secara khusus dalam memenuhi kebutuhan end user (baca:masyarakat awam) seperti halnya: cetak brosur, undangan, kartu nama, sticker, cover buku bahkan juga foto dan poster untuk jumlah yang tidak terlalu besar dan hasil yang bisa ditunggu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...