Perkembangan layanan fotokopi warna masih belum begitu marak di Jogja. Tidak sedikit pula copy center yang masih meraba-raba untuk memulai bisnis ini, karena memang kesannya masih "terlalu eksklusif." Namun demikian setidaknya masyarakat awam sudah mulai banyak yang menanyakan hingga kemudian membutuhkannya, meskipun tidak sebanyak fotokopi hitam-putih.
Perlu dipahami bahwa seiring berkembangnya era "digital printing" di kota gudeg ini, fotokopi warna menjadi salah satu aspek kecil yang memang masih tergeser ke sana-sini oleh lajunya penjualan mesin-mesin printer untuk komputer yang memang harganya masih jauh lebih terjangkau oleh end user ataupun juga oleh penyedia jasa layan dokumen. Hanya saja ada beberapa keterbatasan dari masing-masing peralatan cetak-mencetak ini dan sekiranya bisa diilustrasikan dengan skema bagan seperti di bawah ini:

Sebagian besar

printer -----------> harga lebih terjangkau --> ukuran kertas maks A4 --------> cetak terbatas


fotokopi warna ---> harga 10 x lipat / lebih--> ukuran kertas maks A3/A3+ ---> cetak leluasa


Apabila dicermati lebih jauh tampak bahwa mesin fotokopi warna dengan harga yang proporsional demikian memang memiliki potensi jauh lebih besar dalam keleluasaan penggunaan media cetaknya (baca: bermacam-macam type kertas maks A3 - 256 gsm), sedangkan mesin printer komputer masih jauh lebih unggul dalam hal harga namun terbatas dalam media cetaknya.

Apabila dicermati dari segi usaha penyedia jasa layan dokumen, sekiranya pengusaha copy center tidak perlu cemas, karena:
  1. Mesin fotokopi warna (baca: digital printing) lebih bisa melayani kebutuhan konsumen dengan cepat (ditunggu jadi) dan untuk quantity yang lebih kecil. "Butuhnya cuma 20 lembar kenapa harus bayar sama dengan yang 1000 lembar?"
  2. Mesin digital printing memiliki kemampuan mencetak, mengkopi dan memindai (scan) gambar seperti halnya printer PSC, namun lebih "wide range media."

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...