Seiring berkembangnya teknologi dari era analog ke digital, produsen-produsen mesin fotokopi kini juga tengah berlomba-lomba menciptakan mesin-mesin fotokopi yang lebih moderen terutama yang sifatnya digital dan multifungsi. Mesin fotokopi digital dalam hal ini lebih dapat diartikan sebagai suatu mesin yang mampu menduplikasi suatu dokumen (master) dan mampu menggandakannya berlipat-lipat (multiple copy) hanya dengan melewati satu kali proses pemindaian (scan). Adapun mesin fotokopi digital ini juga dapat dihubungkan langsung dengan komputer untuk berfungsi sebagai alat pemindai (scanner) sekaligus juga sebagai printer.

Sebagian besar mesin fotokopi digital memiliki storage / hardisk khusus yang digunakan untuk menyimpan hasil pemindaian hingga beratus-ratus halaman terlebih dulu untuk  dicetak kemudian setelah seluruh proses pemindaian dikerjakan.

Mesin fotokopi multifungsi jauh memiliki fitur yang lebih kompleks lagi, misalnya saja dengan penambahan fitur faks di samping fungsi print, scan dan copy. Mengenai hasilnya (scan atau copy) yang hitam-putih ataupun berwarna tentu saja hal ini menjadi pilihan tersendiri yang kemudian dapat disesuaikan dengan kadar kebutuhan para penggunanya.
Beberapa contoh type mesin-mesin fotokopi digital hitam putih misalnya: mesin fotokopi merek Canon IR 2200/3300/5000/6000/5020/7200/8500 dan mesin fotokopi multifungsi misalnya: Ricoh Aficio MPC 1500/2500/2030/2050.

Mengenai spesifikasi umum dari mesin-mesin fotokopi digital yang banyak terdapat di pasaran Indonesia dapat dilihat dengan klikgambar di bawah ini:

(klik 2x untuk memperbesar gambar)

















======================================

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...