TIPS MEMBELI MESIN FOTOKOPI BAGI AWAM

Ada beberapa hal yang sekiranya perlu diperhatikan sebelum membeli mesin fotokopi, antara lain:
  1. Pastikan listrik Anda mencukupi untuk instalasi mesin fotokopi, biasanya sebuah mesin fotokopi yang umum dijual di pasaran mengonsumsi daya minimal 1300 watt (baca: bisa kurang, bisa lebih tergantung dari spesifikasinya).
  2. Cenderunglah berpikir untuk membeli mesin fotokopi digital (print, scan, copy, dll) untuk lebih dapat memanfaatkan fitur dan fasilitas yang tidak terdapat seperti pada mesin fotokopi analog.
  3. Pastikan setidaknya consumable parts  (toner, unit drum, unit pemanas, roll, dll) tersedia.
  4. Pastikan jaminan purna jual, minimal ada atau tidaknya garansi servis.
  5. Mintalah pengarahan dari business consultant/office consultant/marketing team untuk dapat membantu Anda dalam memilih mesin fotokopi yang tepat dan sesuai budget.
  6. Cobalah seperlunya lebih dulu mesin fotokopi yang akan Anda beli. Anda berhak minta didemokan dan mendapatkan latihan (training) gratis, tapi ingat hanya seperlunya saja.
Dealer-dealer yang memiliki produk mesin-mesin fotokopi digital setidaknya satu langkah lebih maju khususnya dalam mengikuti perkembangan teknologi dunia fotokopi (baca: mampu menyikapi perubahan). Minimal mereka memiliki SDM-SDM yang lebih "melek" teknologi. Ingat! Jangan sekali-sekali terkecoh dengan harga! Mesin fotokopi murah belum tentu "waras" dan mesin fotokopi yang terlalu mahal bikin "kantong kering."  Carilah harga yang "pas" dengan kocek Anda dan carilah mesin fotokopi yang juga sesuai dengan kebutuhan usaha/kantor Anda.

Semoga bermanfaat :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...