courtesy: cartoonstock.com
Sudahkah Anda, kantor/instansi tempat Anda bekerja memiliki mesin fotokopi? Apabila sudah mesin fotokopi type apa yang Anda Gunakan? Jika Anda hendak memilikinya, sekiranya |mesin fotokopi| seperti apa |pilihan Anda|? Bermula dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, blog sederhana ini sekedar ingin mengupas dan memetakannya kembali peranan dan fungsi mesin fotokopi bagi aktivitas Anda dan semoga Anda pun mampu memilih mesin fotokopi yang tepat bagi kebutuha-kebutuhan Anda.


A. Mesin Fotokopi Berdasarkan Prinsip Kerja :
  1. mesin fotokopi digital, adalah mesin fotokopi yang setidaknya memiliki chip memori, betapapun kecilnya/sederhananya. Bisa disebut juga mesin fotokopi yang mampu bekerja dengan komputer, untuk memindah data dari hard copy menjadi soft copy, atau sebaliknya dari soft copy menjadi hard copy yang kemudian fungsi ini lazim disebut sebagai printer & scanner. One Scan Multiple Copy,  merupakan prinsip kerja andalan mesin fotokopi digital pada umumnya yang artinya cukup sekali proses pemindaian, namun bisa melakukan proses duplikasi berkali-kali.
  2. mesin fotokopi analog, adalah mesin fotokopi yang 100% hanya digunakan untuk menduplikasi. Tentu saja dari hard copy menjadi hard copy lagi. Prinsip kerjanya One Scan One Copy, jadi apabila hendak menduplikasi 100 kali, maka akan melakukan 100 kali pula proses pemindaiannya.

B. Mesin Fotokopi Berdasarkan Warna Hasil Cetak :
  1. mesin fotokopi warna (COLOR COPIER), adalah mesin fotokopi yang hasil cetakannya berwarna. Baik menggunakan consumable (barang habis pakai) Tinta atau Toner yang pasti hasil cetakannya berwarna, betapapun Anda tetap bisa 'memerintah' nya untuk mencetak dengan hasil hitam putih (B/W). Mesin fotokopi warna biasanya memiliki empat warna pokok yang digunakan yakni Cyan, Magenta, Yellow dan Black.
  2. mesin fotokopi B/W (B/W COPIER), adalah istilah untuk mesin fotokopi yang hasil cetaknya hitam putih. Consumable yang digunakan hanya tinta atau toner hitam (black). 
Sekiranya dari uraian di atas dapat dilihat bahwa mesin fotokopi bukan lagi mesin-mesin mahal dan ekslusif seperti halnya yang banyak kita lihat di pusat-pusat perfotokopian (copy center). Mesin fotokopi kini sudah bisa dimiliki oleh siapa saja, karena mesin fotokopi tidak selalu menggunakan toner sebagai consumable yang digunakan, melainkan juga tinta. Kini banyak printer-printer tinta ukuran desktop yang sudah dilengkapi dengan fitur scanner bahkan fax

Mesin fotokopi agaknya susah ditakar dari segi untung - rugi apabila kita memang tidak sedang menjalankan usaha copy center. Memilih mesin fotokopi senantiasa haruslah diselaraskan dengan kebutuhan Anda, kebutuhan akan kapasitas konsumsi Anda, kebutuhan akan intensitas penggunaan, kebutuhan akan hasil cetak serta kebutuhan-kebutuhan lain yang sekiranya / mungkin perlu disesuaikan dengan 'budget' Anda tentunya. 

Kapasitas mesin fotokopi desktop / portable, misalnya printer-printer dengan merek-merek HP F2200, HP F2410, Canon MP-140, Canon MP-258, Epson TX-111 tentunya tidak akan digunakan untuk mencetak hingga berpuluh-puluh rim kertas bukan?  Atau sebaliknya Canon IR5000 yang nantinya hanya akan digunakan untuk pemakaian 200 lembar -1 rim kertas per harinya. Tentu saja ada skalanya, baik dari personal, small office home office (SOHO) hingga copy center.  Lalu apakah semuanya harus dicetak / diduplikasi dalam hard copy ? Tentu kini bukan saatnya lagi membuang-buang kertas, melainkan mendupikasikannya dalam bentuk soft copy, baik itu PDF, TIFF ataupun JPEG sekalipun. Mesin fotokopi moderen adalah mesin fotokopi yang pastinya hemat energi, hemat kertas serta mengedepankan prinsip-prinsip kerja recycle terutama dalam hal consumable yang digunakannya. 

Tidak sedikit kampus-kampus di kota pelajar Yogyakarta tercinta ini yang sudah menerapkan prinsip ebook (buku digital), yakni mulai mengubah format dari buku-buku menjadi  file-file  yang bisa diakses dengan komputer, tentunya ini semua melalui proses pemindaian (scanning) dari mesin fotokopi,  baik itu dilakukan oleh kalangan civitas akademika itu sendiri ataupun mengadakan kerjasama dengan copy center-copy center.

Mesin fotokopi saat ini bukanlah sekedar mesin duplikasi dari hard copy menjadi hard copy, hanyalah mesin-mesin besar yang berada di copy center. Mesin fotokopi saat ini adalah PRINTER, SCANNER dan COPIER itu sendiri.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...