source: Wikipedia - Cloud Computing
Cloud Computing atau komputasi awan merupakan istilah yang kini begitu terdengar akrab dalam bahasan berbagai wacana khususnya di dunia IT. Komputasi awan merupakan metafora dari kapabilitas teknologi informasi yang mampu diakses dari internet oleh para penggunanya sebagai sebuah layanan. Hal ini memungkinkan pula bahwa di kemudian hari semua data yang tersimpan dalam hardisk, flashdisk, cd dan dvd atau bahkan hardisk yang ada pada mesin fotokopi di kantor maupun di copy center hanya merupakan data yang sifatnya sementara dan tidak permanen, karena penyimpanan permanennya terletak di internet. 

Komputasi awan juga merupakan suatu tahapan baru yang menimbulkan ketergantungan untuk selalu mengakses dari internet. Melakukan perintah terhadap perangkat keras termasuk mesin fotokopi dari mana saja dan kapan saja serta dengan piranti mobile apa saja merupakan layanan jaringan yang kini mulai dimasukkan dalam teknologi mesin fotokopi. 

Salah satunya adalah XEROX yang kini tengah menggandeng CISCO sebagai arsitek jaringannya dalam melengkapi fitur Managed Print Services (MPS) dan cloud computing dalam mesin-mesin fotokopi produksi terbarunya. Solusi yang ditawarkan di sini adalah network printing (pencetakan melalui jaringan internet) dan penekanannya dalam hal ini adalah Infrastructure as a Service (IaaS), pengguna tidak lagi mengeluarkan biaya untuk layanan ini. Ini seperti halnya Software as a Service (SaaS) yang diberikan Google, Apple dalam bentuk aplikasi-aplikasi gratis yang tinggal diunduh dan dinikmati secara gratis.

layanan cetak jaringan dari Xerox (i-send)
Menarik bukan? Bisa dibayangkan apabila Anda sedang berada di luar kantor dan baru saja selesai mengunduh dokumen / ebook yang harus segera Anda cetak untuk bos Anda di kantor, melalui teknologi ini Anda tinggal memerintahkan mesin fotokopi yang berada di ruang kerja Anda di kantor untuk segera mencetaknya dan sebelum Anda sampai di kantor lagi bos Anda sudah selesai membacanya.

Bisa disimpulkan bahwa fotokopi berbasis komputasi awan bisa dijadikan layanan solusi cetak antar jaringan yang sangat membantu terutama dalam menghemat waktu.

========================================================================

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...