"Kemarin sekedar wacana kini jadi nyata." Masih belum lepas dari ingatan penulis sekitar 2 tahun yang lalu mensosialisasikan kepada copy center - copy center di Yogyakarta mengenai pentingnya mengembangkan bisnis fotokopi menuju ke percetakan digital yang terintegrasi demi meningkatkan omset dan berbagai layanan terpadu bagi para pelanggan. Kini setelah 2 tahun berselang dan ketika penulis pun sejenak meninggalkan dunia fotokopi, tanpa terasa unit-unit usaha copy center di Yogyakarta banyak yang berkembang menjadi printshop (one stop digital printing).  

Copycenter dan Printshop merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi satu sama lain dalam usaha peningkatan jasa layan dokumen kepada lebih banyak pelanggan. Tentu saja ada "kunci"dari semua dinamika perkembangan yang terjadi ini dan itu tidak lain adalah masuknya perangkat-perangkat komputer ke dalam copy center. Seiring berkembangnya wacana dunia cetak digital melalui masuknya mesin-mesin fotokopi digital ke dunia copy center serta mempelajari kebutuhan-kebutuhan dari pelanggan yang makin beragam, copy center yang dulu sekedar penyedia jasa duplikasi dan penjilidan kini banyak yang berkembang dengan menyediakan jasa cetak / print baik itu B/W maupun Colour dan tidak sedikit pula yang saat ini berkembang menjadi percetakan. 

Pernahkah Anda berpikir bahwa jasa ngeprint laser di Jogja kini berharga 150 Rupiah per lembar? Ini fakta dan tentunya yang hendak digeser kini adalah dunia rental komputer yang mungkin bisa penulis kemukakan bahwa dari dulu hingga sekarang tidak begitu mengalami perkembangan yang signifikan. Namun demikian hal ini tidak hanya berhenti di sini, karena masih ada pula fakta lain yang menunjukkan adanya usaha-usaha cetak foto ternama di Jogja dengan mesin-mesin Frontier kini mulai menggunakan mesin fotokopi warna Develop. Tujuannya apa? Tidak lain adalah untuk memberikan kepuasan harga kepada para pelanggan karena biaya cetak yang bisa ditekan jauh lebih murah.

Mas Teye yang sedang sibuk "memproduksi " buku"
Apalagi yang paling dibutuhkan mahasiswa-mahasiswa dan dosen-dosen saat ini selain ngeprint murah dan penggandaan buku / handout murah? Masuknya ebook ke dalam dunia pendidikan masih merupakan lahan panas dalam penyampaian materi kuliah dan merupakan hawa segar bagi para penyedia jasa cetaknya. Bagaimana pula apabila sang dosen ingin mencetak 30 ebook dengan judul yang berbeda-beda namun tetap mengeluarkan biaya yang semurah-murahnya selain di copy center hanya tinggal menunggu jadi dalam waktu hanya 1-2 hari?



Hanya untuk ilustrasi saja, gambar di atas adalah sosok seorang pegawai copy center yang tengah sibuk dan sangat piawai dalam  "memproduksi" buku-buku baru bagi para kalangan civitas akademika. Jangan ditanya soal "orderan"  nya berasal dari mana saja, pastinya juga banyak yang dari luar Jawa. Berasal dari manakah buku-buku yang baru saja diproduksi tersebut? Jawabnya ebook yang baru saja ditransfer dari flashdisk milik para dosen dan mahasiswa (baik itu download berbayar atau tidak) dan telah masuk ke dalam hardisk  PC milik toko. Mesin-mesin fotokopi yang digunakan copy center ini adalah Canon iR6000 full system sebanyak dua unit dan satu unit mesin Canon iR6570. Perlengkapan lainnya adalah 1 unit computer untuk setting dan storage ditambah dua unit komputer khusus untuk pelayanan ngeprint dari para pelanggan. Untuk cover-cover judul yang sederhana cukup dicetak dengan printer Hp D2566 yang kemudian di laminating agar hasilnya bisa lebih tampak sedikit elegan. Selain pelayanan yang sangat ramah dan bersahabat, copy center ini terkadang juga buka hingga larut malam atau bahkan jelang dinihari, apalagi ketika penulis baru saja selesai memperbaiki perangkat-perangkat komputer dan melakukan perawatan jaringan yang ada di copy center tersebut. Kelebihan yang dimiliki copy center ini selain bisa memberikan kepuasan bagi para pelanggan karena mampu menepati dateline yang dijanjikan, juga memiliki kualitas hasil cetak dokumen yang tinggi dan hasil penjilidan yang sedemikian rapi. Silahkan saja Anda berkunjung ke copy center ini yang letaknya di kawasan "segitiga emas" dunia kampus Karang Malang - Jogjakarta, lebih tepatnya di daerah Lembah UGM. Nama copy center ini adalah FC NIRWANA,  dimiliki oleh seorang wirausahawan sukses yang biasa dikenal dengan Pak Maman. Jenis-jenis jasa yang bisa dilayani di sini selain fotokopi, penjilidan dan laminating tentu saja juga cetak buku, setting sederhana dan cetak cover  serta jasa cetak e-book (hard to soft / soft to hard).  

Semoga ilustrasi di atas dapat memberikan gambaran singkat mengenai perkembangan copy center dan printshop di Jogjakarta serta bisa meyakinkan bagaimana bisnis fotokopi bisa begitu menguntungkan terutama bagi Anda yang ingin memulai usaha baru di bidang perfotokopian.
----------------------------------------------------------------------------

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...